Senin, 16 April 2012

Cara Mengobati Maag


Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, Penyakit yang di sebabkan karena kelebihan asam lambung yang di produksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan. 
Selain akibat gangguan keasaman lambung ada peran organisme renik yaitu bakteri Helicobacter pylori sebagai penyebab lain dari sakit maag. Bakteri ini mempunyai sifat luar biasa. Jika bakteri lain mati pada suasana asam dalam lambung, Helicobacter pylori mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak. Kuman Helicobacter pylori dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga menimbulkan peradangan dan luka (ulkus). Akibatnya jika dinding lambung mengalami perlukaan, penderita akan merasakan perih di bagian ulu hati.

Ada beberapa tahap dalam penyakit maag, yaitu:

Maag ringan
Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.

Maag sedang
Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.

Maag kronis
Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.

Gejala

-Terasa sakit saat buang air besar
-Mual dan Muntah-Muntah
-Sering merasa lapar
-Perut Rerasa kembung
-Nyeri dan perih pada perut dan dada
-Sering bersendawa


Makanan dan minuman yang harus dihindari adalah:

* Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sayuran tertentu (sawi, kol), buah-buahan tertentu (nangka, pisang ambon), makanan berserat tertentu (kedondong, buah yang dikeringkan), minuman yang mengandung gas (seperti minuman bersoda).

*Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih, sari buah sitrus, susu. 

*Makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat   menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tart, coklat dan keju.

*pedas, merica dan bumbu yang merangsang.

*Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, gorengan.

Tips Mencegah Terjadinya Maag :


*Makan yang teratur dan Biasakanlah mengkonsumsi pola makan yang sehat. Seperti, makan pada waktunya, jangan membiarkan perut   kosong dalam jangka yang panjang, jangan makan terburu-buru. Perhatikan komposisi seimbang antar lemak, karbohidrat dan protein.

*Hinadari makanan yang dapat mengiritasi lambung seperti, pedas, asam, alkohol, rokok dan aspirin.

*Mengkonsumsi makanan yang lunak dan lembut.

*Makanlah walaupun hanya sedikit tetapi sering, jangan biarkan lambung dalam keadaan kosong.

*Menghindari minuman beralkohol, kopi dan rokok.

*Stres merupakan pemicu meningkatnya asam lambung, maka hindarilah.

*Perbaiki gaya hidup dengan cara mempertahankan berat badan, istirahat yang cukup dan olahraga secara teratur

Pengobatan Tukak Peptik: 

Tujuan :
  • Menyembuhkan ulkus
  • Meringankan / menghilangkan rasa nyeri
  • Mencegah kekambuhan
Prinsip :
  • Menghilangkan / mengurangi faktor agresif
  • Meningkatkan faktor defensif
  • Kombinasi
Beberapa obat yang di gunakan untuk mengatasi per masalahan di Lambung :


Obat untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. tujuan obat diminum dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan didalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.

Berikut ini obat yang bisa di gunakan untuk menetralisir asam lambung

*Antasida (obat penetral asam lambung) seperti : Ca karbonat, Al (OH)3, Mg (OH)3, Hydrotalcid
obat penekan produksi asam lambung seperti : ranitidine, simetidine, famotidine, nizatidine obat-obat ini mempunyai kerja sedang untuk menekan asam lambung

*obat penekan asam lambung kuat seperti omeprazole, rabeprazole, lansoprazole, pantoprazole, esomeprazole.

*Kelompok obat maag lain yang juga sering digunakan yaitu obat pelindung dinding dalam lambung (mukoprotektor) seperti sukralfat, misoprostol, rebamipid, teprenon.

*Obat memperbaiki pergerakan lambung (prokinetik) seperti metoklorpropamid, domperidone, cisaprid.

Masih banyak obat-obat jenis lain yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit ini, antara lain obat yang mengandung Cisapride, antibiotic erythromycin, dan lain-lain sering digunakan untuk mengobati pasien diabetic gastroparesis. Para peneliti juga menemukan obat jenis baru yaitu obat yang mengandung Tegaserod, untuk mengobati penyakit ini. Akan tetapi obat tersebut masih belum beredar dan masih dalam tahap uji coba.
Sekian dulu informasi mengenai Semoga dapat bermanfaat untuk anda 

Jika sakit berlanjut hubungi Dokter

2 komentar:

  • poetra says:
    16 April 2012 21.23

    salam kenal gan...... sip mantaf gan webnya...,, backlink yuk...sekalian tukar klik iklan.... di http://gasud.com

  • firmanistik says:
    17 April 2012 08.59

    back link nya sudah sucses kak...!!!

Posting Komentar