Rabu, 29 Februari 2012

Cara Mengatasi Insomnia

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% manusia mengalami insomnia.

Sebenarnya insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional,kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.
Sulit tidur sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut; dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan.Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah.
Dengan bertambahnya usia, waktu tidur cenderung berkurang. Stadium tidur juga berubah, dimana stadium 4 menjadi lebih pendek dan pada akhirnya menghilang, dan pada semua stadium lebih banyak terjaga. Perubahan ini, walaupun normal, sering membuat orang tua berfikir bahwa mereka tidak cukup tidur.
Pola terbangun pada dini hari lebih sering ditemukan pada usia lanjut. Beberapa orang tertidur secara normal tetapi terbangun beberapa jam kemudian dan sulit untuk tertidur kembali.
Kadang mereka tidur dalam keadaan gelisah dan merasa belum puas tidur. Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun, merupakan pertanda dari depresi.
Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur.

Pengobatan

Pengobatan insomnia tergantung kepada penyebab dan beratnya insomnia.
Orang tua yang mengalami perubahan tidur karena bertambahnya usia, biasanya tidak memerlukan pengobatan, karena perubahan tersebut adalah normal.
Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur; cahaya yang redup dan tidak berisik.
Jika penyebabnya adalah stres emosional, diberikan obat untuk mengurangi stres. Jika penyebabnya adalah depresi, diberikan obat anti-depresi.
Jika gangguan tidur berhubungan dengan aktivitas normal penderita dan penderita merasa sehat, bisa diberikan obat tidur untuk sementara waktu. Alternatif lain untuk mengatasi insomnia tanpa obat-obatan adalah dengan terapi hipnosis atau hipnoterapi.

Durasi Tidur dan Kematian

Sebuah survei dari 1,1 juta penduduk di Amerika yang dilakukan oleh American Cancer Society menemukan bahwa mereka yang dilaporkan tidur sekitar 7 jam setiap malam memiliki tingkat kematian terendah, sedangkan orang-orang yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 8 jam lebih tinggi tingkat kematiannya. Tidur selama 8,5 jam atau lebih setiap malam dapat meningkatkan angka kematian sebesar 15%. Insomnia kronis - tidur kurang dari 3,5 jam (wanita) dan 4,5 jam (laki-laki) juga dapat menyebabkan kenaikan sebesar 15% tingkat kematian. Setelah mengontrol durasi tidur dan insomnia, penggunaan pil tidur juga berkaitan dengan peningkatan angka kematian.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi serangan insomnia.
  1. Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.
  2. Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.
  3. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
  4. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.
  5. Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
  6. Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.
  7. Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
  8. Gunakanlah tempat tidur anda khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.
  9. Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.
  10. Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.
  11. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.
Demikianlah tips mengurangi masalah tidur anda. Selalulah ingat bahwa tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki fungsi organ yang terganggu. Insomnia bukan merupakan penyakit bawaan dan dengan demikian tentu akan mudah disembuhkan.
Jika dengan langkah diatas anda masih merasa gagal mengatasi masalah tidur, segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mencari jalan keluar.Semoga bermanfaat YA...???

26 komentar:

  • samsunisarman says:
    29 Februari 2012 05.16

    wah banyak sekali tip insomnia, jadi bingung mau terapkan yang nomor berapa - aku pilih yang nomor 1 nomor 2 dan nomor 4 sesuai folloerku, he...he.. salam blogger

  • firmanistik says:
    29 Februari 2012 09.00

    iya kak...trserah kakak deh plih yg mana asalkan bisa sembuh tuh isomnisnya,,,

    salam bloger juga...

  • AbeebAreedana says:
    1 Maret 2012 04.38

    Wah bagus nih .. coba deh ..

  • Simple Semua says:
    1 Maret 2012 04.49

    saya masih ga ngerti ma insomniaa

  • firmanistik says:
    1 Maret 2012 07.28

    makasih ya kak...
    semoga bermanfaat ya nih postingan...

  • firmanistik says:
    1 Maret 2012 07.29

    penyakit gak bisa tidur mas...???
    masak gk tau>>>

  • HADHARA RIZKA says:
    2 Maret 2012 08.26

    wah... saya malah bukan gak bisa tidur.. tapi gak dikasih tidur sama tugas

  • firmanistik says:
    3 Maret 2012 03.33

    tidur tu lebih penting dari apa pun mas...???

  • Jeremy says:
    4 Maret 2012 04.29

    wah bagus ni bro akan ane coba :D
    domain gratis : http://www.jereware.com/2012/03/domain-com-net-info-us-org-gratis.html

  • amat pst biruhitam says:
    4 Maret 2012 06.26

    minum CTM ato PARACETAMOL pst cepat ngantuknya wakakwkkkkk....

  • Wildan mukafi says:
    4 Maret 2012 06.27

    wah bagus ni infonya....

  • harboot says:
    4 Maret 2012 06.43

    Jasa ini memungkinkan untuk mereferensikan pengunjung ke-web kamu. Jika kamu memasang iklan, kamu harus bayar bulanan dengan jumlah visitor yang untung-untungan, bisa sedikit atau banyak. Tapi dengan Jasa Visitor kamu hanya perlu membayar sebanyak visitor yg masuk ke web kamu saja, bukan untung-untungan.

    http://ju-o.com/

  • Suhendri Mr says:
    4 Maret 2012 09.00

    Sungguh manfaat tipsnya sob, tapi kalo menggunakan obat-obatan untuk mengatasi stres ataupun depresi sepertinya itu tidak masuk dalam kategori saya, untuk yang lain tipsnya ok lah thanks.

  • Brian Leito Keito says:
    5 Maret 2012 05.52

    wih kliatannya manfaat jga
    kaya saya juga susah tidur kalau hbs pulang jam 1 an
    ok.thanks infonya gan

  • firmanistik says:
    5 Maret 2012 05.56

    ok makasih ya atas kunjungan nya....
    sucses selalu...

  • firmanistik says:
    5 Maret 2012 05.58

    ya moga ajah bisa tdur kak...
    hehehe...>>>

  • firmanistik says:
    5 Maret 2012 05.58

    makasih mas atas pujiannya...
    sucses selalu ya...

  • firmanistik says:
    5 Maret 2012 06.00

    wah kayaknya bagus nih...
    makasih infonya ya kak...>>>

  • firmanistik says:
    5 Maret 2012 06.02

    makasih ya mas...
    semoga postingan ini bermanfaat untuk mu kak...^^

  • firmanistik says:
    5 Maret 2012 06.04

    iya sama sama kak....
    semoga info ini bisa bermanfaat untuk anda...

  • Vieri Azzurri says:
    5 Maret 2012 17.16

    wew.. boleh dicoba nih mas.. hehe
    Komeng balik yaa di postingan terbaru saya http://demonztrick.blogspot.com/

  • Moh Saifullah says:
    6 Maret 2012 04.18

    good posting...! terimasih nasehatnya.
    http://catatan-google.blogspot.com/

  • firmanistik says:
    6 Maret 2012 16.04

    makasih ya...

    koment balik dah meluncur mas...^^

  • firmanistik says:
    6 Maret 2012 16.05

    makasih sucses ya buat blogg kamu...>>>

  • ikhwan says:
    10 April 2012 05.14

    nak cepat tidur.. nyanyi slow sambil berkhayal boleh gak mengantukkan kepala..

  • firmanistik says:
    14 April 2012 22.32

    boleh boleh aja...
    asal bisa tertidur...
    makasih telah datang di blog ku...

Posting Komentar